Minggu, 12 Mei 2019

Nebulizer dan cara penggunaannya

NEBULIZER
Kupas Tuntas Fungsi, Cara Pakai, dan Tips Memilih Nebulizer untuk Mengobati Asma



Pengertian Nebulizer adalah mesin yang mengubah obat cair menjadi uap untuk dihirup ke dalam paru-paru. Fungsi nebulizer adalah untuk melegakan saluran napas yang menyempit.
Nebulizer terdiri dari mesin kompresor udara, wadah kecil untuk obat cair, dan selang elastis yang menghubungkan kompresor udara ke wadah obat. Di atas wadah obat terdapat corong atau masker yang akan digunakan untuk menghirup kabut. Ada dua versi daya nebulizer, yaitu menggunakan listrik dan menggunakan baterai.


Fungsi Nebulizer Nebulizer umum digunakan sebagai terapi pengobatan asma kronis, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Ini karena dibanding dengan inhaler, uap yang dihasilkan nebulizer amat sangat kecil sehingga obat akan bisa lebih cepat meresap ke bagian paru yang ditargetkan.
Selain untuk pengobatan asma, alat ini juga dapat digunakan untuk penderita penyakit paru obstruksi kronis (PPOK), pneumonia (infeksi paru), dan reaksi alergi berat.

Tipe-tipe nebulizer 

1. Tipe compressor

Compressor nebulizer dijalankan dengan bantuan aliran gas berkecepatan tinggi melalui obat cair sampai berubah menjadi bentuk uap. Tipe compressor biasanya lebih murah daripada yang lain, namun biasanya menggunakan daya listrik dan menghasilkan suara.
Compressor nebulizer dijalankan oleh aliran gas bertekanan yang mengalir dengan kecepatan tinggi untuk mengubah obat cair menjadi bentuk uap. Tipe compressor lebih murah daripada yang lain, namun biasanya boros karena menggunakan daya listrik dan menghasilkan suara berisik.
Durasi penggunaan nebulizer compresor sekitar 8-20 menit untuk sekali pengobatan.

2. Tipe ultrasonik

Jenis ini menghasilkan getaran frekuensi tinggi untuk mengubah obat cair menjadi uap air. Nebulizer ultrasonik tidak mengeluarkan suara berisik, ukurannya kecil, dan mudah dibawa ke mana-mana karena dioperasikan dengan daya baterai. Ada juga versi listrik yang bisa diisi ulang (rechargeable).
Nebulizer ultrasonik bekerja lebih cepat dibanding tipe lainnya, yaitu sekitar 6 menit untuk sekali pengobatan. Meski begitu, tidak efisien untuk mengubah obat suspensi atau cairan kental.

3. Tipe mesh

Nebulizer mesh menggunakan listrik atau gelombang ultrasonik untuk menggetarkan obat cair sampai melewati lubang-lubang mesh (bahan yang terbuat dari jalinan jaringan kawat atau benang). Hasilnya adalah tetesan uap cairan yang sangat halus.
Saat ini, nebulizer mesh dianggap sebagai alat hirup tercepat, efisien, dan tidak berisik. Pengoperasiannya menggunakan baterai sehingga praktis untuk dibawa bepergian. Namun, harganya lebih mahal dibandingkan yang lain.
Langkah-langkah cara menggunakan nebulizer
Cara yang tepat menggunakan nebulizer memungkinkan obat bisa bekerja efektif mengobati asma. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Cuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir untuk mencegah kuman ikut masuk ke paru-paru lewat tangan yang menyentuh nebulizer.
  2. Siapkan obat yang akan digunakan. Jika obat sudah dicampur, tuang langsung ke dalam wadah obat nebulizer. Jika belum, masukkan satu per satu dengan menggunakan pipet atau alat suntik.
  3. Tambahkan cairan saline jika diperlukan dan diresepkan dokter.
  4. Hubungkan wadah obat ke mesin dan juga masker ke bagian atas wadah.
  5. Pasang masker di wajah hingga menutupi hidung dan mulut. Pastikan pinggiran masker tersegel baik dengan wajah, agar tidak ada uap yang keluar dari sisi-sisi masker.
  6. Hidupkan mesin kemudian tarik napas dengan hidung dan keluarkan perlahan melalui mulut.
  7. Anda bisa mengakhirinya saat tidak ada lagi uap yang keluar. Ini tandanya obat sudah habis.
Cara memakai nebulizer umumnya memakan waktu kurang lebih 15-20 menit.
Bagaimana cara memilih nebulizer yang tepat?

1. Cari jenis model yang cocok dengan kondisi kesehatan Anda


2. Pilih berdasarkan usia, kemampuan fisik dan kognitif Anda

3. Efisiensi alat

4. Apa alatnya mudah dibawa-bawa?

5. Frekuensi, lokasi, dan waktu terapi menggunakan alat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Walker dan cara penggunaannya

Walker Pengertian Walker merupakan alat bantu jalan dengan dua pegangan di kanan dan kiri serta memiliki empat kaki sebagai penumpu y...