Sabtu, 11 Mei 2019

cara penggunaan stetoskop

STETOSKOP
Pengertian
Stetoskop adalah alat kesehatan akustik yang berfungsi untuk memeriksa suara dalam tubuh. Stetoskop sering digunakan untuk mendengar suara detak jantung, dan juga suara organ-organ tubuh lainnya, seperti organ pernapasan,organ pencernaan bahkan suara detak jantung janin dalam kandungan.Karena dapat menginformasikan suara tertentu sekaligus menghilangkan suara yang lain.
Fungsi
digunakan sebagai alat untuk mendiagnosa penyakit berdasarkan suara yang tidak normal dari dalam tubuh, sehingga bisa membantu dokter dalam mengambil tindakan dan pengobatan yang tepat untuk pasien. Tentunya dalam menerjemahkan suara yang ada perlu pengetahuan khusus terhadap stetoskop ini.
cara kerja
Pasang earpiece stetoskop ke telinga, pastikanlah earpiece menutupi seluruh lubang telinga anda. Semakin berkembangnya jaman, saat ini semua stetoskop sudah di desain ergonomis atau dapat mengikuti posisi pada kedua telinga, apabila anda merasa kurang nyaman maka stetoskop dapat dibalik atau ditukar sebelah kiri serta kanannya.
Saat ini stetoskop mempunyai dua muka yang bisa dipakai untuk 2 pemeriksaan yang berbeda serta jenis suara yang dihasilkan pun berbeda. Stetoskop ini disebut dengan dua had, pada umumnya mempunyai tanda yaitu kepala bagian depannya lebih lebar memakai membran serta pada bagian kepala belakang ukurannya lebih kecil dan tanpa membran. Putarlah bagian pipa besi yang ada pada chestpiece guna memilih atau menentukan kepala belakang atau kepala depan yang hendak digunakan. Apabila digunakan dalam pemeriksaan tekanan darah lebih baik menggunakan kepala depan.
Letakkanlah stetoskop di bagian arteri brachialis supaya stetoskop tidak terlepas, anda mesti menjepit stetoskop di bawah manset spigmomanometer.
Langkah selanjutnya yaitu pompalah manset stetoskop hingga angka 130mmHg kemudian buka pembuang udara secara perlahan sembari mendengarkan bunyi yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Walker dan cara penggunaannya

Walker Pengertian Walker merupakan alat bantu jalan dengan dua pegangan di kanan dan kiri serta memiliki empat kaki sebagai penumpu y...